Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Lautan Karir Informatika

Sempat ada di benak saya, dulu ketika masih sekolah,membayangkan kalau bekerja dibidang IT itu paling enak. Kerja dengan ruangan yang nyaman, AC paling dingin, Gaji gede, Banyak dibutuhin dimana-mana, serta fasilitas dan tunjangan yang seabreg-abreg. Tapi apa iya seperti itu?? Ternyata, pikiran saya dulu itu agak berlebihan. Mungkin memang ada yang seperti itu, tapi banyak juga yang malah mendapat gaji dibawah UMR.

Dibandingkan dengan negara lain, Indonesia dapat dibilang tertinggal dalam bidang IT.
Hal ini justru merupakan tambang emas bagi pekerja IT untuk meraup rupiah di negeri sendiri.
karena, Masih banyak yang bisa dikembangkan di Indonesia.
Salah satu contohnya adalah, Sebagian besar pengguna komputer di Indonesia masih menggunakan Software Bajakan. Ini merupakan satu tantangan bagi IT professional Indonesia, untuk membuat Open Source Software, atau Software dengan harga murah dengan kemampuan yang tidak kalah dengan Software luar.

Lalu, bagaimana kira-kira Karir dalam bidang IT 5-10 Tahun kedepan??
Krisis global yang baru-baru ini terjadi, banyak memukul berbagai sektor. Bidang IT pun tidak luput terkena Imbasnya. Banyak perusahaan IT dan elektronik mem-PHK ribuan karyawanya. Sungguh tragis memang.
Meski demikian, dengan terus berkembangnya teknologi, dunia akan tetap membutuhkan IT professional. Maraknya bisnis Internet belakangan ini, menyebabkan perlu ditambahnya Database Master untu mengelola data-data.
Selain itu, Website merupakan media yang akan semakin booming, sehingga akan banyak sekali dibutuhkan webmaster dan web designer.

Bagaimana dengan diri saya menghadapi hal tersebut??
Berikut akan saya coba melakukan analisa SWOT terhadap diri saya sendiri.
S: Tidak mudah menyerah, Mau berusaha, Optimistis.dll
W: moody, Plin-plan, Blum bisa membuat Time-management dengan bagus,dll
O: Fasilitas belajar yang memadai, dukungan dari banyak pihak,dll
T: Sakit yang suka kambuh,

Berdasarkan fakta tentang karir bidang IT diatas, saya dapat menyimpulkan bahwa kita harus senantiasa berpikir jauh kedepan, serta berusaha untuk mastering lebih dari 1 bidang IT.

0 komentar:

Posting Komentar