Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Disiplin ilmu di bidang komputer

Disiplin ilmu di bidang komputer

Mungkin tulisan ini akan sangat berguna bagi temen-temen yang akan melanjutkan studinya ke jenjang perguruan tinggi. Khusunya yang berminat melanjutkan ke disiplin ilmu komputer. Sering kali saya mendapatkan pertanyaan dari temen-temen yang baru mau masuk kuliah, apa sih bedanya teknik informatika, sistem informasi ama teknik komputer?? Trus mana yang paling bagus untuk kedepannya??
Pertanyaan ini kerap saya dapati waktu presentasi ke SMA-SMA, dan akan lebih banyak pertanyaan serupa pada bulan Juni-Juli saat musim pendaftaran kuliah.

Ok ok, let's start from curriculum_nya. Berdasarkan informasi yang sudah saya dapatkan di MK PTI, bahwa kurikulum bidang komputer di Indonesia mengadopsi pada Computing Curricula, yang diterbitkan oleh ACM dan IEEE-CS. Adaptasi dan acuan kurikilum di Indonesia adalah sebagai berikut:
1. Computer Science untuk Program Studi Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.
2. Computer Engginering Untuk Program Studi Sistem Komputer atau teknik komputer.
3. Information System Untuk SisteM informasi atau manajemen Informatika.

Dan juga dikenal Software engginering dan Information Technology, Namun di Indonesia dianggap bukan program studi karena masih bisa masuk salah satu bagian dari Teknik Informatika atau Ilmu komputer.

Trus apa bedanya?? Okey, saya akan coba jelasin satu-satu.
1. Computer Engginering( Jurusan Sistem komputer atau teknik komputer), Fokus pada desain dan konstruksi komputer-based system dan Embedded System. Jadi diharapkan lulusan mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.
2. Computer Science( jurusan Teknik Informatika atau ilmu komputer), Cakupan areanya luas, dengan teori dan dasar algoritmanya dapat dikembangkan dibidang robotic, computer vision, intellegent system, bioinformatics, dll.Area kerja Lulusan Computer science dapat diterapkan dalam desain dan implementasi software, menunjukkan cara baru untuk menggunakan komputer(www, data mining, dsb) serta mengembangkan cara yang efektif untuk menyelesaikan masalah computing.

3. Software Engginering, diharapkan lulusanya dapat mengembangkan dan memelihara software system.
4. Information System (jurusan sistem informasi), lulusannya diharapkandapat menganalisa kebutuhan Teknologi dan proses bisnis.
5. Information Technology, lebih concern ke teknologi Informasi dan lebih pada aplikasi

Computing Curricula membuat suatu komparasi umum dan pembobotan mata kuliah tiap jurusan dengan visualisasi grafis seperti di bawah. Sumbu horizontal menggambarkan arah pengembangan (apakah lebih teoritis atau lebih praktis), sedangkan sumbu vertikal menggambarkan topik dan desain mata kuliah yang diajarkan. Pembobotan ditandai dengan warna abu-abu tua pada visualisasi gambar.






Okay, semoga tulisan saya ini membantu, dan selamat memilih jurusan.

0 komentar:

Posting Komentar