Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Social Engineering


Apaan sih social engineering itu?? Mata kuliah kah?? nama makanan kah?? atau apa ya??
Social engineering merupakan teknik yang dipakai untuk membujuk korban melakukan tindakan tertentu dengan memanfaatkan kelalain manusia. Wow, keren ya. Ada berbagai macam teknik yang digunakan yaitu:
Pretexting, yaitu penggunaan skenario tertentu untuk membujuk korban melakukan tindakan tertentu atau memberikan informasi tertentu.
Phising, yaitu penggunaan e-mail sedemikian rupa sehingga bisa membujuk orang untuk melakukan sesuatu atau memberikan informasi tertentu.
Trojan Horse/Gimmes, yaitu memanfaatkan rasa ingin tahu seseorang dan memberikan malware untuk keperluan itu.
Road Apple, yaitu menggunakan media fisik yang bisa memancing rasa ingin tahu seseorang dan memberikan malware sebagai isinya.

Biasanya social engineering ini dipakai oleh hacker dalam kegiatan carding. Medianya bisa melalui chatting. Misalnya, seseorang yang sudah merasa akrab karena sudah sering berhubungan baik melalui chatting dan email, namun belum pernah bertemu secara fisik. Kemudian salah satu pihak, mulai membuka jurusnya dengan pura-pura minta dibelikan sesuatu pada situs tertentu. Berhubung mereka sudah terlanjur “akrab” dan ingin mencoba membantu, lalu membelikan barang melalui situs tertentu yang bisa saja situs palsu untuk mencuri data.
nah, makanya kita harus selalu berhati-hati terhadap orang yang belom kita kenal. Apalagi kenalnya cuma di chatting yang gag pernah ketemu fisik secara langsung.

0 komentar:

Posting Komentar