Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Sekilas mengenai E-Learning

Pesatnya pertumbuhan teknologi khusunya dalam bidang jaringan dapat berdampak pada penghematan ekonomi. Saat ini dengan teknolodi remote access misalnya pegawai kantor tidak perlu lagi datang ke kantor untuk menyelesqikan pekerjaanya karena dengan teknologi ini akan memungkinkan untuk diselesaikan di rumah. Lalu bagaimana dengan bidang pendidikan?? Salah satu implementasi di bidang pendidikan saat ini adalah E-learning. Dengan e-learning, materi perkuliahan dapat didistribusikan baik secara on-line menggunakan koneksi jaringan maupun off-line menggunakan movable-media.
E-learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.


Dengan dikembangkannya di jaringan komputer memungkinkan untuk dikembangkan dalam bentuk berbasis web, sehingga kemudian dikembangkan ke jaringan komputer yang lebih luas yaitu internet. Penyajian e-learning berbasis web ini bisa menjadi lebih interaktif. Informasi-informsai perkuliahan juga bisa real-
time. Begitu pula dengan komunikasinya, meskipun tidak secara langsung tatap muka, tapi forum diskusi perkuliahan bisa dilakukan secara online dan real time.

Manfaat E-Learning

a. Kecepatan dan Kemudahan (Speed)

Kita bisa memperoleh informasi dengan lebih cepat dan mudah dibandingkan dengan cara biasa (seperti mencari suatu informasi dengan buku) karena menggunakan teknologi berbasis komputer.

b. Efisiensi Ruang Penyimpanan (Space)

Kita dapat menyimpan informasi dalam bentuk softcopy yang tentunya akan lebih meghemat ruang penyimpanan.

c. Keakuratan (Accuracy)

Informasi bersumber langsung dari pengajar atau para ahli sehingga informasinya bisa dipertanggungjawabkan.

d. Ketersediaan (Availability)

Data bisa diakses oleh setiap pengguna yang membutuhkan, dengan penerapan teknologi jaringan serta melakukan pemindahan/penghapusan data yang sudah tidak digunakan untuk menghemat ruang penyimpanan.

e. Kelengkapan (Completeness)

Supaya data yang dikelola senantiasa lengkap baik relatif terhadap kebutuhan pemakai maupun terhadap waktu, dengan melakukan penambahan informasi.

g. Kebersamaan (Shareability)

Data yang dikelola oleh sistem mendukung lingkungan multiuser (banyak pemakai), dengan menjaga/menghindari munculnya problem baru seperti inkonsistensi data (karena terjadi perubahan data yang dilakukan oleh beberapa user dalam waktu yang bersamaan) atau kondisi deadlock (karena ada banyak pemakai yang saling menunggu untuk menggunakan data).

Sumber : www.wahanakom.com/infotek/elearning.htm

0 komentar:

Posting Komentar