Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Software Engineering This days..

Rekayasa perangkat lunak merupakan salah satu bidang peminatan yang ada di IT Telkom. Sebenarnya, Rekayasa perangkat lunak sendiri bisa dikatakan sebagai program studi. Namun, keberadaannya di Indonesia dianggap bukan merupakan program studi karena masih bisa masuk salah satu bagian dari teknik informatika atau ilmu komputer.

RPL atau Software Engineering (SE) merupakan Disiplin ilmu yang membahas semua aspek produksi perangkat lunak, mulai dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan sistem setelah digunakan.

Lalu apakah perangkat lunak itu??

Perangkat Lunak (Software) tidak sama dengan program komputer. Perangkat lunak tidak hanya mencakup program, tetapi juga semua dokumentasi dan konfigurasi data yang berhubungan, yang diperlukan untuk membuat agar program beroperasi dengan benar.

Sistem Perangkat Lunak sendiri terdiri dari :
Sejumlah program yg terpisah
File-file konfigurasi
Dokumentasi sistem
Dokumentasi User

Perbedaan SE dengan CS


Terlihat dari gambar, bahwa pada walnya hanya ada CS. Namun seiring dengan perkembangan jaman, terbentuk embrio dari SE yang kemudian SE dan CS merupakan bagian yang terpisah.

Computing Curricula membuat suatu komparasi umum dan pembobotan mata kuliah tiap jurusan dengan visualisasi grafis seperti di bawah. Sumbu horizontal menggambarkan arah pengembangan (apakah lebih teoritis atau lebih praktis), sedangkan sumbu vertikal menggambarkan topik dan desain mata kuliah yang diajarkan. Pembobotan ditandai dengan warna abu- abu tua pada visualisasi gambar.



Dari grafik CS, terlihat bahwa cakupan ilmunya sangat luas, mulai dari Hardware sampai Sistem informasi dan terlihat lebih cenderung ke teori..

sedangkan


dalam grafik SE terlihat bahwa cakupan ilmu SE hanya yang berhubungan dengan perangkat lunak baik itu secara teori maupun terapannya.

Sumber : Slide PTI, Slide RPL, romisatrio.net

0 komentar:

Posting Komentar