Studio Press

Just another Blogger Blog

ad

Software Bagi Anak Lumpuh Otak


Jakarta - Ahli komputer dari Universities of Aberdeen and Dundee, and Capability Scotland telah berhasil membuat sebuah sistem yang berguna untuk anak-anak yang menderita lumpuh otak dan mengalami kesulitan dalam berkomunikasi.

Sistem ini menggunakan software yang mampu membuat mereka memiliki kemampuan komunikasi dengan lebih baik. Cara kerja software "How school today?" ini adalah dengan menggunakan sensor, kartu gesek dan alat perekam. Alat-alat itu gunanya untuk mengumpulkan informasi atas apa saja yang dilakukan anak-anak seharian itu di sekolah.

informasi tersebut kemudian oleh komputer diwujudkan menjadi sebuah cerita, di mana anak-anak nantinya bisa membagi pengalaman tersebut dengan orang rumah.

"Sistem ini didesign untuk menunjang sebuah narasi yang lebih interaktif, dan memungkinkan anak anak untuk berbicara dengan lebih gampang tentang sekolah mereka dan juga agar bisa menjawab pertanyaan dengan cepat", ungkap Dr Ehud Reiter, dari Universitas Aberdeen.

Seorang kepala sekolah yang sudah mencoba software tersebut di sekolahnyapun mengakui kegunaan sistem ini bagi murid, guru, terapis dan para orang tua. Tanpa bantuan orang dewasa, anak-anak yang menderita lumpuh otak bisa menguasai percakapan.

Sumber

0 komentar:

Posting Komentar